Rabu, 05 Februari 2014

Ga bakal jadi nasabah Bank Panin lagi

Ya, memang gue punya pengalaman yang sangat buruk saat menjadi nasabah Bank Panin cabang Palmerah sampai akhirnya gue memutuskan untuk menutup rekening gue.  Dulu alasan gue menjadi nasabah karena developer rumah gue yang mengarahkan ke Bank Panin untuk pengambilan kredit rumah atau KPR.  Sebenarnya dari sini pun gue sempat dibuat ribet dengan urusan KPR, tapi waktu itu gue cuman berfikir mungkin saat itu yang ngajuin KPR lagi banyak-banyaknya, so petugas bank kewalahan dan akibatnya urusan KPR gue jadi molor.  Setiap bulan gue transfer duit dari bank favorit gue ke Panin untuk bayar kewajiban angsuran rumah.  Pengin juga gue rutin ngisi tabungan di rekening Panin, tapi karena lokasi kantor Bank Panin sangat jauh dari tempat tinggal dan kantor gue, jadinya gue jarang banget nabung.  

Kejadian buruk pertama saat gue setor duit langsung ke Bank Panin di Palmerah.  Waktu itu gue dapet nomor 064 dan saat itu TV display di atas menunjukkan angka 061.  Artinya gue tinggal nunggu 2 orang lagi sebelum dapat giliran.  Gue lihat nasabah lain yang nunggu ga banyak, sekitar 3 orang selain gue duduk manis di kursi depan counter teller.  Ada 2 nasabah sedang dilayani oleh teller yang menurut gue kurang wajar kalo bank segedhe itu dan pada jam sibuk hanya menyediakan 2 teller padahal counter yang ada seharusnya terisi semua oleh teller yang siap memberikan pelayanan terbaik bagi nasabahnya.  Prediksi gue paling lama gue bakal nunggu 10 menit.

10 menit pertama berlalu, tapi nasabah yang sedang berdiri di depan counter teller belum beranjak pergi dan nomor di TV display masih 061.  Ada sih beberapa orang Panin yang mondar-mandir di area teller.  Sepertinya sih dia teller karena seragamnya sama dengan mbak-mbak teller, tapi kayaknya dia sibuk keluar masuk dari pintu di belakang counter teller doang.  Ga jelas apa tugasnya.  

20 menit kemudian nomor di display masih 061.  Gue mulai gelisah dan menanyakan ke security yang berdiri di samping pintu masuk.  Dia cuman tersenyum saja mendengar keluhan gue. 

Kegelisahan gue bertambah saat waktu tunggu gue sudah melebihi 1 jam.  Gila ini bank, apa dipikir kita ga ada kerjaan atau gimana.  Gue kembali bertanya sama security karena hanya dia yang posisinya dekat dengan kursi tunggu.  Kembali lagi dia hanya tersenyum tanpa bisa memberikan penjelasan apapun.  Selang beberapa menit kemudian akhirnya nomor gue muncul di display. Hampir 2 jam gue nunggu!! 

Beberapa minggu berikutnya gantian urusan KPR. Ini pun ga kalah ribetnya!!  Asli gue dibikin repot menghubungi petugas urusan KPR. Jawaban si petugas cenderung membuat rumit.  Dimana-mana orang inginnya urusannya selesai dengan mudah tanpa harus melanggar hukum.  Tapi di Bank Panin, gue bertemu dengan personil yang tidak mau tahu kesulitan nasabahnya.  Kedongkolan gue akhirnya berbuah keputusan bahwa gue harus mengakhiri hubungan dengan Panin sebagai nasabah.  Gue sudah ga sanggup lagi menjadi nasabah dan mendapat pelayanan yang sangat menyebalkan.

Konyolnya, kekesalan gue belum berakhir.  Saat gue tutup rekening, gue juga harus menunggu lebih dari satu jam. Padahal nomor tunggu yang gue pegang saat itu 027, sedangkan nasabah yang sedang dilayani oleh petugas customer service 026 sebagaimana muncul di TV display.  Yang sangat menyebalkan, counter CS kalo ga salah lebih 5 meja dan saat itu semua ada petugasnya yang duduk di counter tersebut. Tapi mengapa nomor di display ga bergerak?  Kalo gue lihat sebagian mereka adalah petugas magang karena papan namanya lain.  Tapi mengapa harus lebih 1 jam???  Beberapa orang yang pake pas Bank Panin cuman mondar mandir di sekitar counter.  Tidak ada satu pun yang berempati kepada nasabah yang nunggu.  Benar-benar Bank yang tidak berperikemanusiaan.  Lebih menyebalkan lagi, saat dapat giliran dilayani, gue kembali lagi harus nunggu 20 menit! Si petugas yang sepertinya belum karyawan tetap kebingungan dengan program di komputer, bahkan sampai menarik perhatian 3 orang karyawan lainnya.  Ujung-ujungnya gue harus sabar menunggu..................

Harusnya pihak Panin memahami kepentingan nasabah. Harusnya mereka tahu betapa sulitnya menempuh perjalanan ke Palmerah yang sering macet. Harusnya mereka memahami berapa waktu dan peluang yang terbuang sia-sia karena harus menunggu sekian lama untuk mendapat giliran dilayani.  

So, kalo sudah begini, ga salah kan kalo gue ga mau lagi jadi nasabah Bank Panin?????


3 komentar:

  1. Memang ngeselin kok bank panin. Aku juga bgtu !

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuh... PANIN gk kompeten melayani... sya setiap ke masuk BANK pasti ngelihat ada nasabah lain teriak" karena entah apa yg di ributkan. sya sendiri mengajukan Kredit Express sja 3 kali sudah sya bersbar mengirim dari bali ke jakarta "gue pake duit" ngirim, ujung"nya di tolak alih" di bali gk ada RT/RW. klau gue jdi orang kya ia gue tantangin nyari alamat cum berdasarkan banjar, desa pasti ktemu!! syang gue nasabah kyak ktu lihat respon buang... kgak penting, ada gk petisi ia...hehehehe

      Hapus
  2. saya juga punya pengalaman yang sama. menutup kredit pinjaman aja susahnya setengah mati. itupun masih dibebankan angsuran sebulan berikutnya beserta bunga harian.AO nya susah sekali dihubungi. seolah - olah ngga mau ditutup kreditnya

    BalasHapus