Kamis, 27 Februari 2014

Aryaduta Medan perlu meningkatkan pelayanan

Sebelum gue lupa, makanya gue buru-buru nulis pengalaman gue bermalam di hotel Aryaduta Medan Sumatera Utara.  Maklum, acara jalan-jalan gue makin padet, so takut kelupaan nulis di blog yang banyak ditunggu oleh temen-temen.  Ada temen gue yang ga mau sekadar gue ceritain lewat lisan.  Dia bilang,"Loe tulis gih di blog, upload foto and komentar loe sekalian biar yang baca puas!"

Nah loe, jadi kerjaan berat nih gue.  Tapi demi pembaca blog gue, ga apa lah.....Toh juga ada pahala-nya buat gue. Bagi hotel yang masih belum memberikan pelayanan terbaik, ayo segera bangkit dan peduli kepada konsumen biar mereka puas dan loyal menginap di hotel anda.

Sekarang giliran Hotel Aryaduta Medan.  Ini terjadi baru beberapa minggu yang lalu, masih di bulan Februari 2014.  Kesan pertama gue langsung ga bagus.  Saat masuk ruangan hotel di bagian bawah tempat mobil menurunkan penumpang dan disambut oleh security hotel, tidak ada petunjuk yang jelas dimana resepsionis atau lobby untuk check-in.  Gue agak kebingungan karena ini pertama kali gue nginap di Aryaduta.  Ternyata bukan gue doang yang kebingungan.  Ada juga cowok yang kelihatannya kayak tamu yang juga kebingungan.  Untungnya ada seorang bapak yang mengajak kami masuk lift dan mengatakan bahwa lobby check-in ada di lantai 9.

Berikutnya, gue dibikin kesal lagi saat check-in.  Udah datang malam hari dan kondisi tubuh udah sangat lelah karena meeting dan tugas, e.....malah dipaksa nunggu lebih 30 menit untuk sekadar check-in.  Bayangin, gimana ga dongkol?  KTP udah dikasi, booking kamar sudah disampaikan, tapi petugas resepsionis sangat lamban memahami kebutuhan tamu.  Gue harus nunggu di kursi ruangan lobby.  Bukannya di kasi welcome drink kek biar ga jenuh, gue malah disuruh sibuk sendiri.  Ujung-ujungnya gue cuman bisa maen hape, baca koran pagi yang tersedia di lobby. 

Kayaknya ini bukan yang pertama gue alami.  Setahun yang lalu gue punya pengalaman serupa di hotel Aston Medan saat pengin tahu Festival Danau Toba.  Justru gue sempet nunggu lebih dari 1 jam. Meski dikasi welcome drink, hati gue udah keburu dongkol and males lagi nginap disana.  Belum lagi saat butuh sajadah gue dibikin kelimpungan karena semua petugas yang gue hubungi ga ada yang ngangkat telepon. Apa begitu ya pelayanan hotel di Medan?

Kembali ke Aryaduta.  Hati gue sedikit terhibur saat melihat ruangan kamar yang sangat luas dengan fasilitas yang lumayan lengkap.  Apalagi kamar mandinya, hmm........gue bisa betah mandi di shower room-nya yang menyediakan tempat untuk duduk or berbaring. 
Udah keburu gue acak-acak & lupa nyalain lampu sebelum difoto
Closet, meja kerja dan mini bar
Meskipun gue ga mendapat kamar dengan view yang bagus, ruangan yang lapang membuat gue ga mikir lagi tentang view.  Sebelah kiri ranjang areanya lumayan lega untuk sholat atau naruh barang bawaan kita.

Penerangan kamar mandi dan desainnya bikin nyaman
Peralatan mandi lengkap termasuk timbangan berat badan
Ini dia shower room yg bikin gue betah
Gue kurang nyaman dengan layout & desain WC ini
Urusan sarapan, hotel ini boleh dapat acungan jempol karena menyediakan banyak pilihan menu. Omlet, roti, buah, juice aneka rasa, pancake, dan yang pasti nasi tersedia.  Yang bikin added value adalah lokasi restaurant untuk sarapan, wow ok punya.  Dari situ kita bisa melihat kota Medan.

Terkait dengan kamar, gue suka dengan fasilitas wifi-nya yang lumayan cepat dan ga putus-putus. 

Jujur, kalo boleh gue mungkin ga mau nginap lagi disini kalo pihak hotel belum memperbaiki pelayanan check-in dan check-out-nya.  Petugas resepsionis perlu dilatih lagi untuk bisa memberikan standar pelayanan yang cepat.  10 menit gue rasa tepat untuk batas maksimal pelayanan resepsionis. Lebih dari itu tamu bakal ilfil. Ingat, resepsionis adalah kesan pertama dan terakhir tamu terhadap pelayanan hotel. Bisa ga???




Tidak ada komentar:

Posting Komentar